Senin, 30 November 2015

8 alasan pendidikan adalah warisan terbaik orangtua kepada anak?

Sebagai orangtua jika Anda mendapat pertanyaan, "Warisan terbaik apa yang akan Anda berikan kepada anak-anak ketika mereka sudah tumbuh dewasa?" Mungkin di antara Anda ada yang menjawab rumah, perhiasan, kendaraan, tanah, pabrik, dan sebagainya. Akan tetapi, pernahkah Anda memikirkan sesuatu yang berbeda, sesuatu yang tidak akan pernah lekang oleh waktu, sesuatu yang bersifat abadi yang bisa dimiliki hingga akhir hayat.

Ya, jawabanya adalah ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang tidak akan pernah lekang dimakan waktu, bahkan hingga seseorang menginjak masa tua pengetahuan yang dimiliki akan tetap menjadi hartanya yang paling berharga.

Namun, ilmu pengetahuan tidak bisa diperoleh secara cuma-cuma karena salah satu cara untuk mendapatkannya hanya melalui proses pendidikan. Baiklah, mungkin Anda jadi semakin penasaran, berikut ini adalah 8 alasan mengapa pendidikan adalah warisan terbaik yang bisa diberikan oleh orangtua kepada anak

1. Pendidikan memberikan pencerahan



Efek langsung pendidikan yang dapat dirasakan adalah memberikan pencerahan. Pendidikan memberikan informasi kepada manusia mengenai segala sesuatu yang ada di sekitarnya dan mampu mengubah perspektif salah dalam memandang kehidupan. 
2. Pendidikan bisa mengubah karakter seseorang



Dalam dunia pendidikan memiliki banyak trik-trik jitu untuk mengubah karakter seseorang menjadi lebih baik, contoh: Anak yang dulu manja kemudian jadi lebih mandiri, anak yang dulunya suka berantem menjadi anak yang lebih penyabar, anak yang dulunya malas kini jadi lebih rajin, dan sebagainya.
3. Pendidikan penting untuk karier dan masa depan



Pendidikan saat ini sangat penting tanpanya seseorang tidak akan memiliki nilai jual saat melamar pekerjaan. Melalui pendidikan pula seseorang akan memiliki lebih banyak peluang untuk mengembangkan karier dan memiliki masa depan yang jauh lebih baik.
4. Pendidikan membantu kemajuan sebuah bangsa



Sebuah negara dikatakan kuat bukan dilihat dari berapa banyak jumlah personil militer yang dimiliki atau berapa banyak sumber daya alam yang dimiliki, tapi dinilai dari seberapa banyak sumber daya manusia berkualitas yang dimiliki. Oleh sebab itu, melalui pendidikan bila hal ini terus didukung akan mampu membantu kemajuan sebuah bangsa secara luas.
5. Pendidikan mengentaskan seseorang dari kemiskinan



Kemiskinan identik dengan kebodohan, tapi melalui pendidikan yang baik dapat membantu mengentaskan seseorang dari jurang kemiskinan. Namun, untuk bisa mewujudkannya dibutuhkan keseriusan dan kesediaan untuk mau bekerja dengan keras.
6. Pendidikan memberikan keterampilan pada seseorang



Fungsi pendidikan sebenarnya tidak hanya bertujuan untuk menciptakan manusia-manusia cerdas, tapi juga untuk memberikan keterampilan pada seseorang sehingga mampu menjawab kebutuhan pasar akan tenaga kerja terampil.
7. Pendidikan mampu mengajarkan seseorang nilai-nilai kebaikan



Bayangkan apa jadinya bila seluruh manusia di dunia ini hidup dan beraktivitas menurut kehendak hatinya sendiri, apakah mungkin kehidupan yang aman, tentram dan harmonis bisa teruwujud? Oleh sebab itu, pendidikan memiliki fungsi penting untuk mengajarkan nilai-nilai kebaikan agar setiap orang memiliki kesadaran untuk mau mengasihi dan menghormati orang lain.
8. Pendidikan menurunkan angka kriminalitas



Dwi Hendaryani Siswoyo seorang psikolog dan pemerhati anak dari lembaga Pelita Kasih mengatakan, " Tingginya angka kriminalitas di beberapa kota besar di Indonesia dipicu oleh banyak hal dan salah satunya adalah karena faktor ekonomi. Hal ini terjadi umumnya karena seseorang tidak memiliki pendidikan yang cukup sehingga tidak bisa memperoleh pekerjaan yang layak untuk memenuhi kebutuhan hidup." Oleh sebab itu, dengan memberikan pendidikan yang baik kepada seseorang dengan sendirinya akan bisa menurunkan angka kriminalitas yang kerap terjadi.
Perkembangan zaman yang semakin pesat membutuhkan manusia-manusia dengan kemampuan yang memadai. Oleh sebab itu, orangtua berkewajiban mempersiapkan buah hati mereka dengan pendidikan yang baik agar mereka kelak tidak hidup sengsara. Namun, meskipun pendidikan sangat penting, jangan pernah melupakan pentingnya pendidikan spritual agar kehidupan jasmani dan rohani seimbang. Hal ini penting bagi pencapaian kebahagiaan sejati dalam kehidupan.

catat gan : tuhan akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar